My Menu

Perkembangan Telematika

Perkembangan telematika kini sudah semakin pesat. Bila dulu fungsi handphone yang kita miliki hanya untuk berkomunikasi melalui telepon dan pesan pendek (sms), maka saat ini dengan HP kita bisa mengakses internet, mendengarkan musik, bahkan menonton tv. Pendek kata, melalui perkembangan telematika yang pesat, jarak bukan lagi menjadi halangan untuk berkomunikasi, mendapatkan informasi dan hiburan.

Perkembangan telematika tersebut muncul disebabkan karena daya pikir manusia yang meningkat dan kemampuan proses berpikir manusia yang semakin cerdas dan kreatif. Seiring dengan perkembangan zaman manusia pun akan berkembang dalam gaya hidupnya. Salah satu contohnya adalah teknologi informasi yang saat ini sangat berkembang pesat baik segi hardware maupun software.

Perkembangan teknologi terkini dari sisi hardware kita sudah melihat bermunculannya produk-produk IT mutakhir dengan karakteristik lebih kecil, cepat, murah, dan muncul format-format unik yang berbeda seperti gadget yang menjamur dewasa ini. Seperti jaman sekarang banyak orang yang memiliki HP lebih dari satu dengan merek dan tipe OS yang berbeda, misalnya orang tersebut memiliki Iphone namun ia juga memiliki blackberry, dan ia juga suka membawa tablet android. Terlebih lagi di berbagai tempat sudah tesedia access wireless gratis, sehingga masyarakat dengan mudahnya mengakases internet dimana pun ia berada. Selain tersedianya wireless gratis dimana-mana, saat ini juga orang sudah mudah mengakses internet baik di rumah ataupun di kantor menggunakan jaringan broadband dan sekarang dimudahkan lagi dengan perangkat wifi yang dapat dibawa kemana-mana. Perkembangan teknologi dari sisi software contohnya lihat saja software windows, microsoft, desktop ubuntu, googleapps, yahooapps, live, semuanya berlomba menampilkan tampilan yang menarik dan lebih 'human' dengan kecepatan akses yang semakin tinggi. Hal tersebut ditunjang dengan search engine yang mengkoleksi sekumpulan informasi yang dibutuhkan oleh penggunanya.

Di Indonesia sendiri perkembangan telematika tidak secepat negara-negara adidaya bahkan dengan Negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia, Indonesia masih dikatakan sangat tertinggal hal ini dikarenakan kurangnya perhatian dan dukungan dari pemerintah atas perkembangan telematika di negeri kita tercinta ini baru ditahun sekitar 1980 perkembangan telematika di Indonesia mulai diperhatikan, di awal-awal penggunaan telematika hanya sebatas berkirim pesan atau yang saat ini kita kenal sebagai email, sampai pada tahun 1990 penggunaan telematika di Indonesia mulai dikenal banyak orang, sampai akhirnya saat ini perkembangan telematika di bidang internet di Indonesia sangat pesat ini dapat dilihat dari banyaknya pengguna akun jejaring sosial media di Indonesia yang menempati peringkat kelima akun terbanyak di dunia dan semakin diutamakannya dunia telematika di Indonesia contohnya dalam sistem pengamatan traffic control di Indonesia. Kepolisian Indonesia sudah mulai memberikan informasi secara realtime keadaan traffic light dibeberapa pusat kemacetan di ibukota bahkan di kota-kota besar di Indonesia, user dapat mengaksesnya melalui situs resmi kepolisian.

#Referensi :

No comments:

Post a Comment