My Menu

AGAMA DAN MASYARAKAT

     Definisi agama adalah suatu kepercayaan spiritual yang dimiliki setiap umat manusia kepada tuhan nya dan sudah mereka miliki secara turun temurun yang selalu diajarkan oleh orangtua mereka. Di dunia ini terdapat berbagai macam agama yang dianut oleh umat manusia dan Indonesia sendiri mengakui 5 agama yang sah di Republik Indonesia, yaitu islam, Kristen, hindu, budha, dan katolik. Karena sangat penting bagi umat manusia memiliki agama atau kepercayaan, apabila kita memiliki agama, kita akan memiliki tujuan dan pedoman hidup apabila kita sedang dalam keadaan susah, senang, sedih, dan keinginan berguna bagi sesama. Di dalam agama pasti kita memiliki tuhan dan kepada tuhan kita masing-masing kita mengadu dan mengeluarkan isi hati kita untuk menuju hidup yang lebih baik.
 
     Tetapi juga ada beberapa umat manusia yang tidak percaya adanya tuhan atau agama, itu karena mereka terlalu dibutakan mata hatinya oleh indah nya kehidupan dunia dan kesuksesan hidup yang mereka raih, sehingga kesuksesan itu mereka anggap sebagai hasil jerih payah mereka sendiri tanpa ada bantuan dari siapa pun. Tanpa adanya agama, di saat kenikmatan hidup mereka mulai diambil oleh tuhan serta mereka mulai merasakan pahitnya hidup dan tidak ada yang mau atau mampu mengembalikan kekayaan yang mereka miliki, di saat itulah mereka merasa mulai merasa putus asa akan kehidupan dan banyak dari mereka yang mencari jalan pintas untuk mengakhiri hidup dengan cara bunuh diri atau karena mereka tidak kuat menjalani pahit nya hidup karena tuhan tidak memberikan mereka hidayah atau petunjuk untuk keluar dari masalah mereka, mereka akan mengalami tekanan mental yang dapat mengganggu psikologi jiwa mereka.
Karena tidak semua manusia dapat mengerti masalah yang dimiliki oleh orang lain dan ada beberapa masalah yang dimiliki oleh manusia yang mengerti hanya dirinya sendiri dan tuhan.
 
     Oleh karena itu, sosialisasi dalam rukun beragama sangatlah penting, dengan kita bersosialisasi bersamamasyarakat kita dapat berbagi dan membagi ilmu agama serta dengan bergitu kita juga dapat mendalami ilmu agam kita masing-masing, agar lebih dapat mendekatkan diri dengan yang mahakuasa.

No comments:

Post a Comment