My Menu

IPTEK dan KEMISKINAN

ptek adalah ilmu pengetahuan yang diciptakan atau dibangun oleh manusia yang selalu berkembang dari zaman ke zaman. Tetapi iptek itu sendiri tidak dapat dipisahkan dari faktor alam yang sudah dipersiapkan tuhan untuk membantu manusia mengembangkan ilmu pengetahuan demi kelangsungan hidup umat manusia itu sendiri.
Pada abad ke 20 ini banyak sekali bukti perkembangan ilmu teknologi yang berkembang seperti dalam bidang transportasi, ilmu kedokteran, komunikasi, pendidikan, pertanian, dan industri.
Tetapi yang masih sangat disayangkan adalah Negara kita Indonesia masih sangat tertinggal dalam bidang pendidikan yang tidak dapat dipisahkan dari permasalahan kemisikinan. Apabila kita anak-anak yang tinggal di daerah perkotaan dan bisa mendapatkan pendidikan yang layak hingga duduk di bangku perkuliahan, mari sejenak kita lihat saudara-saudara kita yang tinggal di pelosok desa-desa atau tinggal nya jauh dari perkotaan, mereka untuk menuntut ilmu harus berjalan kaki berkilo meter  jauhnya dan itu mereka lakukan setiap hari dan tidak hanya sampai di situ saja, tempat mereka mununtut ilmu masih jauh dari kata layak untuk tempat menuntut ilmu dan guru-guru yang mengajari mereka rata-rata adalah guru honorer atau ada juga guru yang mengajar dengan tulus ikhlas tanpa mengharapkan pamrih walaupun nama mereka tidak tercatat dicatatan departemen pendidikan sebagai seorang guru.
Walaupun pemerintah sudah menjalankan kebijakan dana BOS(bantuan operasional sekolah) bagi anak-anak Indonesia yang kurang mampu, tetapi kebijakan tersebut masih kurang dapat direalisasikan karena kebijakan tersebut belum dapat dilaksanakan secara menyeluruh, yang dikarenakan masih kurang nya usaha pemerintah dalam mendata atau mensurvei daerah mana sajakah yang sekolah-sekolahnya masih membutuhkan bantuan dari pemerintah, jadi bagaimana saudara-saudara kita yang kurang mampu dapat menuntut ilmu dengan selayaknya.
Kesimpulan saya, marilah kita sebagai warga Negara Indonesia membuka mata hati kita untuk membantu saudara-saudara kita yang belum mendapatkan pendidikan yang layak, agar mereka dapat menuntut ilmu serta menggapai cita-cita mereka setinggi mungkin. Karena masa depan Indonesia ada ditangan generasi muda dan mungkin salah satu dari mereka dapat mengembangkan dan menemukan ilmu pengetahuan yang berguna bagi umat manusia serta dapat memimpin Indonesia menjadi Negara yang lebih maju dan besar.

No comments:

Post a Comment