My Menu

Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat

Pelapisan Sosial adalah pembeda dalam masyarakat atau manusia secara kelas-kelas bertingkat (hierarkis). Dalam perwujudannya ada tingkatan-tingkatan kelas nya dan tingkatan tersebut biasa disebut strata social. Dalam strata social ada 4 tingkatan yaitu:
A.Ukuran Kekayaan => kekayaan(materi atau kebendaan) dapat menempatkan seseorang dalam strata teratas dalam lingkungan hidup nya, apabila seseorang memiliki jumlah kekayaan melebihi masyarakat di sekitarnya.
B.Ukuran Kekuasaan dan Kewenangan => kekuasaan dan kewenangan dapat menempatkan seseorang dalam strata teratas dalam lingkungan hidupnya, apabila seseorang meimiliki suatu kekuasaan atau kewenangan, seperti pejabat Negara yang memiliki kekuasaan untuk memimpin suatu Negara, sehingga ia berada di strata teratas dalam lingkungan hidupnya.
C.Ukuran Kehormatan => Kehormatan tidak terlepas dari factor kekayaan dan kewenangan yang dapat menempatkan sesorang dalam strata teratas dalam lingkungan hidupnya, apabila seseorang memiliki kehormatan, seperti seorang raja atau tokoh agama yang telah memberikan banyak peran nya dalam lingkungan hidup nya, sehingga membuat ia disegani dan dihormati oleh masyarakat sekitar dan biasa nya juga menyangkut kebudayaan tradisional.
D.Ukuran Ilmu Pengetahuan => Ilmu Pengetahuan dapat menempatkan seseorang dalam strata teratas  dalam lingkungan hidupnya, apabila seseorang menguasai Ilmu pengetahuan dalam bidangnya dan sesuai dalam lingkungan hidupnya, maka masyarakat sekitarnya akan membutuhkan dirinya untuk mempelajari ilmu pengetahuan tersebut. Biasanya, seseorang yang memiliki ilmu pengetahuan yang luas, ia akan memiliki gelar seperti sarjana(S1), magister(S2), professor(S3), doctor, professor doctor, dan lain-lain.

Kesamaan Derajat atau kesamaan hak dan kewajiban => kesamaan derajat adalah kesamaan perlakuan yang adil yang diterima oleh sesama umat manusia. Seperti contoh nya dalam menuntut ilmu, setiap pelajar harus mendapat perlakuan yang adildari pemerintah atau lembaga pendidikan agar setiap pelajar dapat mejalankan kewajiban nya untuk menuntut ilmu atau bersekolah tanpa harus dibeda-bedakan atau membandingkan kekayaan yang mereka miliki. Karena setiap pelajar memiliki satu tujuan yang sama, yaitu menuntut ilmu untuk menggapai cita-cita mereka setinggi mungkin dan agar dapat berguna bagi nusa dan bangsa, serta membahagiankan kedua orang tua yang sudah menyekolahkan mereka.

No comments:

Post a Comment