My Menu

Pemuda dan Sosialisasi

Pemuda indentik dengan masa remaja yaitu dimana masanya anak-anak mulai mengalami masa puber atau sifat selalu ingin tahu dan ingin mencoba sesuatu yang belum pernah mereka lakukan. Tetapi, di masa ini ada sisi negative dan sisi positif nya, seperti contohnya sisi negative nya yaitu:
1.Masa remaja adalah masa labil pemuda yang mudah terpengaruh oleh ajakan temanya atau orang lain, walaupun itu adalah ajakan yang negative. Seperti contohnya menggunakan narkoba, berjudi, mencuri(untuk sesuatu hal yang ingin dimiliki), dan lain-lain.
2.Masa remaja juga masa dimana masanya remaja susah mengendalikan hawa nafsunya sendiri dan sekarang sudah banyak terjadi hal-hal negative yang terjadi. Seperti contohnya pergaulan bebas.
Tetapi terlepas dari sisi negative sifat pemuda, juga ada sisi positif dari pemuda. Seperti contohnya yaitu:
1.Sifat kritis yaitu dimana pemuda berani berani mengeluarkan pendapatnya yang didasarkan pada ilmu pengetahuan dan berani berbicara didepan orang banyak. Seperti contohnya bagi seorang pelajar berani berpresentasi didepan teman-teman sekelasnya dan berani mengeluarkan pendapatnya apabila ditanya dan juga mau bertanya apabila ada sesuatu yang belum ia ketahui.
2.Sifat peduli terhadap sesama yaitu para pemuda yang suka membantu teman nya yang sedang kesusahan(dalam hal positif) dan mau membantu sekitarnya yang membutuhkan atau orang yang kurang mampu. Seperti contohnya seorang pelajar bersama teman-teman sekelasnya bersama-sama mengumpulkan dana bagi anak-anak yang putus sekolah akibat kurang mampu atau bagi anak-anak panti asuhan yang membutuhkan bantuan.
Dan potensi-potensi pemuda yang dapat dikembangkan adalah
a.bersifat optimis
b.terdidik
c.bersemangat
d.bersifat patriotisme
e.suka bergotong royong
f.bersifat ksatria
g.bersikap mandiri
h.cepat mengerti dalam mempelajari ilmu pengetahuan.


Sosialisasi adalah bagaimana cara seseorang mensosialisasikan dirinya atau bergaulpada lingkungan sekitar dengan mengikuti cara-cara atau adat istiadat di lingkungan tersebut agar ia dapat mengenal masyarakat lingkungan sekitar lebih dekat dan juga agar dapat diterima oleh lingkungan sekitarnya. Menurut para ilmuwan ada beberapa kategori sosialisasi, seperti:
1.Keluarga adalah tempat pertama anak-anak mengenal sekitarnya, seperti ibu, ayah, dan saudara-saudaranya. Dalam tumbuh kembang anak-anak sangat dibutuhkan peran keluarga agar anak-anak dapat belajar menilai mana yang baik dan yang buruk.
2.Sekolah adalah tempat sosialisasi sekunder dan tempat dimana anak-anak dapat menuntut ilmu dan belajar secara formal.
3.Teman bermain adalah tempat berikutnya tempat dimana anak-anak dapat bersosialisasi dengan teman sebayanya dan dapat membentuk keperibadian seorang anak-anak pada saat bermain dengan teman sebayanya, agar ia belajar bagaimana mencari teman yang baik atau tidak.
4.Media cetak adalah sarana yang memberikan seluruh informasi tentang segala hal, seperti contohnya Koran, majalah, tabloid, dan lain-lain. Dalam hal ini media cetak juga berpengaruh besar dalam proses tumbuh kembang anak-anak. Oleh karena itu, orang tua harus selalu mengawasi anak-anak nya dalam membaca, apakah yang ia baca mendidik dan sesuai untuk dirinya dan apabila tidak sebaiknya orang tua melarangnya.
5.Lingkungan kerja adalah tempat bagi seorang manusia yang sudah tumbuh dewasa untuk mempraktekkan ilmu pengetahuan yang sudah ia dapat pada masa-masa menuntut ilmu dan tempat untuk menunjukkan profesionalnya dalam dunia kerja untuk meraih kesuksesan dan cita-citanya.

No comments:

Post a Comment