My Menu

PERAN PENDIDIKAN DALAM PEMBANGUNAN

Menurut pendapat saya sebagai seorang pelajar , peran pendidikan untuk pembangunan bangsa Indonesia sangatlah penting. Karena kesejahteraan suatu bangsa di ukur dari pendidikan masyarakat Negara itu sendiri , apabila suatu Negara masyarakat nya memiliki taraf pendidikan yang tinggi, maka tingkat pengangguran di Negara itu pun akan rendah.
Tanpa adanya pendidikan , suatu Negara akan tertinggal dalam segala hal dalam pesaingan di era globalisasi ini. Di era ini Negara di tuntut untuk kreatif dan sadar akan penting nya ilmu pendidikan. Karena Negara yang memiliki pendidikan yang rendah akan sulit untuk menjadi Negara yang besar dan bukan tidak mungkin akan dijajah atau zaman sekarang biasa disebut dikendalikan atau dimanfaatkan oleh Negara lain untuk kepentingan nya.
Secara umum pendidikan terbagi dua macam , yaitu pendidikan formal dan non formal. Di Indonesia sendir pendidikan formal mencakup sekolah dasar, menengah, atas, dan kemudian dilanjutkan perguruan tinggi. Biasanya tingkat intelektual seseorang diukur dari pendidikan akhir yang ia miliki (walaupun beberapa mungkin ada yang tidak bisa sekolah karena tidak memiliki biaya tetapi ia memiliki kelebihan kemampuan otodidak). Biasanya tingkat pendidikan yang ia miliki dapat menjadi modal untuk mendapatkan suatu pekerjaan. Pendidikan nonformal adalah pendidikan diluar formal, yaitu sebagai penambah atau pelengkap pendidikan formal. Contoh nya, apabila seorang anak suka bermain badminton atau sepakbola, ia dapat mengikutin sekolah olahraga itu di waktu ia sepulang sekolah dan terkadang ilmu didapat dari pendidikan nonformal dapat memberikan kemampuan dan skill yang dibutuhkan melebihi pendidikan formal.
Oleh karena itu, marilah kita bantu anak-anak Indonesia yang kurang mampu, agar mereka dapat sekolah seperti anak-anak lainnya. Karena bukan tidak mungkin masa depan Indonesia ada di tangan mereka.
Saya juga mengutip kata-kata dari seorang tokoh yang bernama Franklin D Roosevelt, ia mengatakan “kita tidak selalu bisa membangun masa depan bagi generasi muda, tetapi kita bisa membangun generasi muda untuk masa depan”.

No comments:

Post a Comment